7 Hal Ini Akan Membuat Pagimu Lebih Indah

pexels-photo-235527
Image source: pexels.com

“Percayalah, bagaimana caramu memulai hari turut menentukan akan seperti apa harimu itu. Sebab, awal yang baik akan menciptakan akhir yang baik”

– Arifah –

Saya sukaaa sekali dengan suasana pagi hari yang hening. Pagi antara jam 5 hingga jam 6, adalah waktu terbaik dalam 24 jam (menurut saya). Pagi hari merupakan waktu yang paling penting untuk kita memulai aktivitas di hari tersebut. Sebab, pagi yang indah akan membuat perjalananmu selanjutnya di hari tersebut jadi lebih indah juga *i believe it 🙂 Saya punya beberapa tips nih, yang bisa kamu lakukan demi membuat pagimu jadi lebih indah..

1.  Bangun sepagi mungkin

Eh, jangan salah ya, bangun pagi yang bagus itu bukan yang jam 7 atau 8, lho. Bangun pagi yang bagus itu berada di sekitar pukul 5 hingga 6, bahkan sebelum itu lebih baik. Bersyukurlah umat Islam, yang memang diwajibkan Shalat Subuh. Dengan begitu kita menjadi akrab dengan bangun di waktu Subuh. Masalahnya, godaan “sleep again after Subuh” memang kuat, ya *hehe. Padahal sayaaang banget deh, kalau waktu pagi cuma kita pakai untuk tidur.

Usahakan untuk bangun sebelum jam 5 pagi, sebelum waktu Subuh. Dan, setelah Subuh jangan tidur lagi, ya. Manfaatkan waktu pagi untuk memulai aktivitas. Pagi hari itu waktu yang berkah, dan baik untuk kesehatan jika kita manfaatkan untuk beraktivitas (bukan tidur).

2.  Bersyukur

Pastinya ya, ini mah wajib. Bersyukur karena kita diberi anugerah untuk menjalani kehidupan lagi di hari ini. Sementara di luar sana ada mereka yang sedang berjuang mempertahankan nyawa, atau ada pula yang waktu hidupnya telah habis, tapi hari ini kamu masih diberi rezeki untuk hidup. Syukurilah 🙂 Memulai hari dengan bersyukur akan membuatmu merasa lebih bahagia. Gak perlu nunggu bahagia untuk bersyukur, tapi bersyukurlah agar kamu bahagia.

3.  Relaksasi

Relaksasi bisa dengan yoga, meditasi, atau sekadar menarik nafas dalam dan mengeluarkannya secara perlahan. Tujuannya untuk membuatmu merasa lebih tenang. Saya sih gak ngerti teknik yoga dan meditasi secara khusus, jadi saya biasanya praktekkin tarik nafas dalam aja, deh. Yang penting pikiran kita fokusin pada nafas, lakukan dengan tenang, hasilnya lumayan bikin rileks, kok. Lebih detailnya, kamu bisa searching mengenai teknik relaksasi.

4.  Ucapkan mantra

Mantra disini artinya kalimat positif yang membuatmu merasa tersugesti. Misalnya: “aku bahagia”, “aku merasa cukup”, atau “aku akan sehat”, dan masih banyak lagi kalimat positif lainnya yang sesuai dengan kebutuhanmu. Mantra ini bisa kamu ucapkan saat sedang relaksasi/meditasi. Tapi, sebenarnya mantra bisa diucapkan kapan pun, kok. Tapi menurut saya, pagi hari adalah waktu paling tepat untuk kita menggunakannya sesering mungkin, hingga mantra itu bisa memberi sugesti baik untukmu di hari tersebut.

Oya, mantra ini cukup kamu sebutkan berulang-ulang dalam hatimu, ya. Ucapkan dengan sungguh-sungguh penuh keyakinan 🙂

5.  Membaca sesuatu yang menginspirasi

Sebelum memberi asupan makanan untuk tubuhmu, sebaiknya berikan dulu nutrisi untuk otakmu. Salah satu caranya yaitu dengan membaca sesuatu yang menginspirasi. Ini bisa kamu peroleh melalui buku, artikel di internet, atau majalah, yang penting setelah membacanya kamu mendapat hal-hal positif untuk pikiranmu. Berhubung saya lagi malas baca buku, jadi saya lebih milih baca artikel inspiratif di internet. Ya, lebih praktis sih *hehe..

6.  Sarapan sehat favorit

Sarapan itu penting, sebagai amunisi agar kamu bisa beraktivitas dengan baik di hari itu. Lalu, kenapa harus sarapan sehat favorit? Ya, kalau hanya sehat tapi kamu gak doyan, males juga kan yes 🙂 Pun sebaliknya, kalau kamu doyan tapi makanan itu gak sehat juga kurang baik dong hasilnya. Jadi, harus lengkap, sehat sehingga tubuhmu mendapat nutrisi terbaik, dan favorit agar kamu bisa menikmatinya dengan senang.

Kategori sarapan sehat umumnya gak terlepas dari buah-buahan. Ini udah yang paling sehat sebenarnya. Kamu tinggal pilih buah favoritmu, lalu terserah deh, mau diblender, dipotong-potong, atau dicampur dengan makanan sehat lainnya. Yang gak suka sarapan buah, bisa pilih roti gandum yang diberi olesan selai kacang organik *hihi, ini sekarang jadi menu sarapan sehat favorit saya..

Sebisa mungkin hindari sarapan dengan menu makanan yang banyak mengandung lemak buruk, makanan instant, atau yang gak “ramah” untuk pencernaan.

7.  Hindari energi negatif dan perbanyak senyum

Sebisa mungkin isi pagi harimu dengan energi positif, jadi hindari deh tuh yang namanya badmood, terlalu cemas, sedih, kesal, marah, dan saudara-saudaranya *hehe.. Sebaliknya, iringi aktivitas pagi harimu dengan semangat, bahagia, dan permudah dirimu untuk banyak tersenyum 🙂 Saat kamu tersenyum, energi negatif akan sulit menghampirimu. Asal, senyumnya tulus ya (from the heart), bukan senyum yang sekadar menarik bibir ke samping.

Silakan dicoba, ya. Menurutmu poin mana yang paling penting untuk membuat pagi harimu jadi lebih indah? Silakan share di kolom komentar, okay..

.

With heart,

Arifah

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *