5 Alasan Supaya Kamu Gak Putus Asa

people-2604843_960_720Image source: pixabay.com

“Kita tak bisa memilih ujian hidup seperti apa yang akan kita hadapi, namun kita selalu bisa memilih seperti apa cara kita menghadapinya. Dan menyerah bukanlah pilihan terbaik..”

– Arifah –


Hidup memang tak pernah berjalan sesuai keinginan kita all the time, isn’t it? Pasti, ada masanya kita dihadapkan pada keadaan yang sulit, menyedihkan, atau “buruk”. Dan, menghadapi keadaan-keadaan itu seringkali membuat kita merasa lelah, dan saat kelelahan lahir dan batin sudah benar-benar menguras energi, ujung-ujungnya kita merasa putus asa alias gak tau mesti gimana lagi, buntu *hiksss..

Pernah mengalaminya? Saya pernah, tapi alhamdulillaah-nya rasa itu hanya terbersit selama beberapa menit aja di pikiran saya. Saya pikir wajar kalau manusia bisa memiliki perasaan putus asa, karena manusia tak luput dari kekurangan, kesalahan, dan gangguan. Selama rasa putus asa itu tak benar-benar membuatmu melakukan perbuatan negatif melainkan hanya sebagai gangguan kecil, ya it’s okay lah 🙂 Lalu, gimana caranya supaya rasa putus asa yang menghampiri kita, bisa kita tepis dan berubah menjadi keoptimisan? Caranya adalah dengan mengubah pikiranmu melalui beberapa pemikiran berikut ini..

 1.  Hidup adalah anugerah

Apapun yang terjadi, ingatlah bahwa hidupmu adalah anugerah yang tak boleh disia-siakan. Saat kamu merasa putus asa, itu sama aja dengan kamu menganggap hidupmu tak berharga untuk diperjuangkan. And that’s a big wrong, dear!  Hidup merupakan anugerah yang Allah berikan, dan berputus asa termasuk salah satu sikap tak bersyukur atas anugerah Allah.

Dalam kehidupan yang kita jalani, banyak pula anugerah kenikmatan yang menyertainya. Kamu pasti punya masa-masa indah, kan? Kamu juga punya banyak hal yang bisa kamu syukuri. Apakah itu bakatmu, keluargamu, pekerjaanmu, atau apapun yang kamu merasa bahagia memilikinya. Semua anugerah itu menjadikan hidupmu berharga dan sangat layak untuk diperjuangkan. Salah satu perjuangan besar dalam hidup adalah saat kita berusaha bertahan menghadapi kesulitan hidup dan menjalaninya dengan baik.

2.  Selalu ada harapan

Harapan akan membuat kita terus memiliki semangat dalam hidup. Namun, harapan disini bukanlah harapan yang ditujukan pada selain Allah. Jadikan Allah satu-satunya tempat kita menggantungkan harapan. Hidupkan terus harapanmu pada-Nya. Yakinlah, bahwa tak ada yang tak mungkin bagi Allah dalam mengabulkan harapanmu. Harapan berkaitan dengan doa, sebab saat kita mengharapkan sesuatu dari Allah, hal itu juga termasuk sebuah doa. Selama ada Allah, selama itu pula kita punya harapan 🙂

3.  Badai pasti berlalu

Saya termasuk yang meyakini kalimat di atas. Saat saya berada dalam masa-masa yang sulit, seolah seperti ada badai dalam hidup saya, saya mensugesti pikiran saya dengan mantra ini “badai pasti berlalu”. Kalimat ini cukup membuat saya merasa optimis dan terhindar dari putus asa. Ya, asalkan kamu benar-benar meyakininya, apapun masalahmu, pasti tak akan sampai membuatmu “menyerah”.

Faktanya memang demikian, kan? Setiap kesulitan yang menghampiri sifatnya hanya sementara, pasti ada ujungnya. Hidup tak selamanya sulit, pun tak selamanya mudah. Di dalam Al-Qur’an pun disebutkan bahwa “sesudah kesulitan ada kemudahan”. Dan tak ada keraguan sedikitpun atas apa yang tercantum di dalam Al-Qur’an. Jadi, selayaknya sebagai muslim, kita harus percaya dan yakin, saat kesulitan menghampirimu, pasti ada kemudahan yang akan Allah berikan dalam hidupmu. Artinya, kesulitan itu tak selamanya, karena sesudahnya akan ada kemudahan.

4.  Kekuatan Allah jauh lebih besar dari masalahmu

Sebesar apapun masalah dalam hidupmu, kamu harus yakin bahwa Allah lah Yang Maha Besar. Kekuatan Allah pasti bisa mengalahkan masalah terbesarmu. Yang kita perlukan adalah rasa percaya dan yakin bahwa Allah Yang Maha Besar pasti bisa memberikan solusi terbaik bagi kita. Dan untuk meraih solusi tersebut, tentu aja kita harus usaha dong, ya. Tak ada hasil tanpa usaha, dan juga harus diingat bahwa tak ada usaha tanpa proses 🙂

Rasa yakin kepada Allah ini merupakan bagian dari keimanan kita. Mereka yang imannya kuat, tak akan mudah terguncang oleh badai masalah. Kalaupun mereka terguncang, mereka akan menemukan cara bagaimana menghadapinya dan bangkit.

5.  Ada mereka yang membutuhkanmu

Kita selalu punya alasan untuk berjuang dalam hidup, bahkan banyak alasan. Terkadang kita suka gak sadar, bahwa bagi orang-orang di sekitar kita, keberadaan kita sangatlah penting dan berarti. Orangtua, pasangan hidup, anak, saudara, sahabat, atau bahkan rekan kerja, mereka adalah orang-orang yang membutuhkanmu. Mereka yang menyanyangimu dengan tulus tentunya menginginkan yang terbaik bagimu. Jangan kecewakan mereka dengan sikap putus asamu.

Saat kamu merasa putus asa, ingatlah mereka, berjuanglah untuk mereka. Hidupmu bukan hanya untuk dirimu sendiri, tapi juga untuk mereka yang menyayangi dan membutuhkan kehadiranmu 🙂

Well readers, menurutmu poin mana yang paling jitu untuk diterapkan?

.

With heart,

Arifah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *