No Make Up, No Worries!

_20170715_150018

“Saat kita merasa nyaman dengan diri kita apa adanya, kemudian kita tau bagaimana cara mensyukuri dan menjaga kecantikan alami yang Allah berikan, disitulah letak kecantikan yang sebenarnya”

– Arifah –


Eh, tau gak sih.. Semakin ke sini, saya makin maleees yg namanya DANDAN. Dandan itu ribet *menurut saya, lho. Jangankan pake lipstick, pake pelembap sama bedak aja enggak.

Jadi, kalau abis cuci muka pagi tuh ya, saya cuma pakai lip balm doang. Lip balm pun yang natural, tanpa warna, cuma ada kilapnya dikit. Kilapnya pun cuma bertahan satu atau dua jam, lamaan dikit langsung ilang. Hehe.. Alhasil wajah saya mah dari bangun tidur ke tidur lagi tetap sama, ya gitu lagi gitu lagi, gak pernah kena make up.

Padahal ya, saya tuh dulu suka bawel bin heran kalau ada perempuan yang gak suka dandan, khususnya kalau keluar rumah, dalam arti mukanya gak dipakein pelembab, bedak, dan bibirnya gak dipoles lipstick. Ih, dandan tuh kan biar muka gak pucat, biar kulit gak kering, biar terawat, bla..bla..bla.

Dan SEKARANG.. Saya sendiri yang mengalami malas dandan. *Hehe *Please jangan ditimpuk.. Jadi, saya gak punya produk make up, kecuali lip balm. Hasilnya, enak lho ternyata, gak ribet, praktis banget, juga lebih hemat waktu dan uang sihhh. Hihi..

Saya gak perlu luangin waktu untuk make up-an kalau mau pergi keluar rumah. Gak perlu bawa-bawa segambreng produk make up kalau mau pergi-pergi. Dan pastinya gak perlu sediain budget khusus untuk beli segambreng produk make up dong, yaaa *Nyengir..

Eh tapi, dulu juga saya pernah kok addict sama make up. Jadi, pada masa itu saya gak pede kalau keluar rumah tanpa gincu, eh lipstick berwarna. Pernah juga ngalamin masa-masa pake alis sampai pegel deh tuh tangan. Demi alis mirip artis atau kadang-kadang pengen kaya Song Hye Kyo, rela deh luangin waktu nongkrong cantik di depan cermin *Duhhh..

Jadi sebenarnya, awalnya sih karena pengen punya kulit yang alami, gak banyak terkontaminasi kosmetik yang mengandung bahan-bahan kimiawi. Pelan-pelan saya tinggalin deh, yang namanya pelembab, bedak, lipstick, dan kawan-kawannya.

Sampai akhirnya keenakan lah saya, dan ’emoh’ make up-an lagi. Eh, tapi bukan berarti saya gak ngerawat kulit, lho. Merawat kulit gak harus dengan make up, kok. Ini cara saya merawat kulit muka:

1.  Jaga Kebersihan

Cuci muka sehari dua kali. Pertama setelah bangun tidur di pagi hari, kedua setelah beraktivitas di luar rumah. Saya pakai sabun natural handmade, jadi bukan sabun pabrikan yg ada iklannya. Ini ngebantuuu banget, deh. Meski saya gak pake pelembap, kulit tetap oke, gak kering dan gak kusam.

Emang sih harga sabun natural handmade gitu lebih mahal dibanding sabun pabrikan. But, trust me it’s worth it. Hasilnya jauh lebih baik dibanding sabun pada umumnya. Apalagi buat saya yang gak pake make up gini. Sabun natural handmade bisa gantiin pelembab yang saya gak pakai.

Btw, Alhamdulillaah kulit saya berminyak, jadi tanpa pelembab rasanya lebih enak sih, kulit muka berasa lebih ringan dan gak terlalu oily jadinya.

2.  Jaga makanan

Makanan saya belum sehat-sehat banget sih. Tapi saya berusaha menghindari makanan-makanan yang sekiranya kurang sehat, seperti mi instan, gorengan pinggir jalan, bakso asongan, junk food, dll. Bukannya apa-apa, cuma khawatir kalau makanan-makanan tersebut gak baik aja buat saya, termasuk dampaknya untuk kulit.

Apalagi bagi yang memiliki kulit wajah berminyak dan mudah berjerawat, membatasi makanan tinggi lemak dan juga makanan pedas, hasilnya ngaruh banget lho ke kulit. Selain itu, memperbanyak makan buah dan sayur juga bisa banget untuk bikin kulit lebih sehat dan segar.

3.  Hindari sinar matahari langsung

Sebenarnya sinar matahari gak merusak kulit kok, selama di jam-jam tertentu dan pastinya kamu juga gak terpapar dalam waktu berlebihan, ya. Sinar matahari sebelum jam 10 pagi terbilang baik untuk kesehatan dan aman buat kulit. Makanya, di waktu pagi berjemur justru bisa bikin kita lebih sehat, karena sinar matahari mengandung banyak vitamin pada waktu pagi.

Tapi, kalau sinar matahari di siang hari memang gak bagus untuk kulit. Makanya kalau kamu beraktivitas di luar ruang pada siang hari, usahakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Kalau memang butuh perlindungan dari efek buruk sinar matahari, kamu bisa pakai pelembab.

Alhamdulillaah-nya saya jarang banget keluar rumah di siang hari, kecuali jemput anak doang. Kena sinar matahari juga sih, tapi jarak tempuh dari rumah ke sekolah anak gak sampai 10 menit, jadi masih aman lah.

4.  Beri nutrisi kulit

Nutrisi kulit gak mesti dalam bentuk suplemen khusus untuk kulit, kok. Ada banyak makanan yang kalau dikonsumsi rutin bisa membantu menyehatkan kulit. Segala makanan yang mengandung banyak antioksidan pasti bagus juga efeknya buat kulit.

Antioksidan ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas (seperti polusi udara, asap rokok, pestisida yang terdapat pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari, obat-obatan, termasuk radiasi Ultraviolet), yang menyebabkan kulit jadi kusam, mudah keriput dan timbul flek.

Nah, dengan memberi nutrisi pada kulit berupa makanan yang kaya antioksidan, tentunya bisa bikin kulit jadi terlindungi dari efek buruk radikal bebas. Kalau saya paling senang memanfaatkan madu sebagai sumber antioksidan terbaik dan teraman untuk dikonsumsi sehari-hari. Tapi sebaiknya pilih madu yang alami ya, jadi lebih maksimal khasiatnya.

5.  No make up, no worries

Dan, yang gak kalah penting, meski kamu gak dandan jangan pernah merasa gak cantik. Bagi saya, semua perempuan jadi cantik selama ia menjaga kebersihan, kerapihan, dan attitude-nya. Saya merasa nyaman tanpa make up, dan ini yang paling penting.

Kepercayaan diri semestinya gak berasal dari make up, tapi dari dalam hatimu bukan? Begitupun dengan kecantikan, jangan pernah meragukan cantiknya dirimu, yakinlah bahwa Allah menciptakan dirimu dengan berbagai kelebihan. Jadi bagaimanapun rupamu, kamu selalu terlihat cantik dihadapan-Nya. Dan itu yang terpenting, yes. So, no make up, no worries 🙂

.

With heart,

Arifah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *